Taekwondo “Focus Club” SMA 60 Jakarta beberapa waktu yang lalu telah melakukan kegiatan Gashuku 2018 yang bertempat di Wisma Tempo Megamendung, Jl. Raya Puncak, Cipayung, Megamendung, Kp. Sinargasih, Puncak Bogor.

Gashuku sendiri merupakan kegiatan kebersamaan yang dilakukan di alam bebas berupa latihan bersama. Kegiatan Gashuku ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh Taekwondo Focus Club. Dalam Gashuku, para taekwondoin dituntut untuk disiplin, mandiri, dan percaya diri.

Setiap kegiatan Gashuku, terdapat motto yang berbeda-beda. Pada tahun ini, Gashuku Taekwondo Focus Club memiliki motto “Pelajarilah masa lalu, berjuang sekarang, untuk masa depan”. Maksud dari motto ini adalah kita harus belajar dari masa lalu walaupun itu buruk, sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan untuk masa depan yang lebih baik.

Gashuku tahun ini di lakukan pada tanggal 25 – 26 Desember 2018. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh Taekwondo SMA 60 saja, tetapi juga diikuti oleh semua anggota Taekwondo Focus Club yang berada di unit lain. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara anggota, melatih softskill para taekwondoin untuk menjadi penerus Taekwondo berikutnya, melatih kerja sama antar taekwondoin, dan lainnya.

Terimakasih kepada para taekwondoin yang sudah mengikuti kegiatan Gashuku Taekwondo 2018, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan semestinya. Terimakasih juga kepada dewan pelatih yang telah mengadakan kegiatan gashuku ini dari tahun ketahun dan telah mengkordinir kegiatan gashuku 2018”.

“Kesan aku gashuku ini seru, kita dapet teman baru, ilmu baru, dan pengalaman baru. Di gashuku, kita juga dapat melatih fisik dan mental kita, supaya kita nantinya terbiasa dalam menghadapi masalah-masalah yang akan datang. Semoga di gashuku yang akan datang bisa lebih seru dan kegiatannya bisa lebih menginspirasi taekwondoin lainnya”. Ujar Ravenska siswa SMAN 60 kelas XI IPS 2.